AGENDA

Detail Agenda

ADIWIYATA

Rabu, 25 Sepember 2019 | 09:18 WIB

Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup. Program Adiwiyata terbukti mencipatakan sekolah yang nyaman, aman dan harmonis, khususnya untuk kebutuhan belajar peserta didik. Secara otodidak peserta didik perlahan menjadi generasi yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya disekitar sekolah terdidik melek terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan

Sejak dicanangkan program Adiwiyata provinsi 2 Juni tahun 2016 oleh Gubernur, SMAN 1 Slogohimo terus berbenah diri menuju Adiwiyata Nasional tahun 2018. Lingkungan sekolah sebelumnya sedikit gersang, banyak kendaraan masuk ke dalam lingkungan sekolah mencemari udara. Gedung kurang terawat, banyak lahan kurang dimanfaatkan. Invetarisasi barang kurang teliti, kamar mandi kurang terawat, kantin menjual dagangan kurang memperhatikan kesehatan (5 P) dan menggunakan plastic pembungkus makanan/ minuman sehingga jumlah/ macam sampah bertambah. Kegiatan Belajar Mengajar selalu di kelas dan teoritis. Dengan adanya program Adiwiyata lingkungan sekolah tampak asri, lahan kosong dimanfaatkan oleh warga sekolah. Mesin kendaraan siswa masuk ke lingkungan sekolah harus dimatikan. Gedung sekolah, kamar mandi , kantin sekolah, tempat pembuangan sampah sekolah lebih terawat dan sehat. Proses pembelajaran tidak hanya di kelas, di luar kelas dimanfaatkan sebagai media dan melakukan aksi nyata. Untuk mewujudkan hal-hal di atas, sekolah menerapkan empat komponen Adiwiyata, antara lain kebijakan berwawasan lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif , pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Komponen kebijakan meliputi Visi, Misi, dan Motto berbasis lingkungan. Komponen kurikulum meliputi peningkatan SDM berbasis lingkungan melalui MGMP ,pembuatan RPP. Komponen partisipatif meliputi kegiatan Adiwiyata yang melibatkan seluruh warga SMAN 1 Slogohimo dan kemitraan. Komponen Sarpras meliputi kegiatan pengadaan barang penunjang kegiatan Adiwiyata yaitu tempat sampah terpilah, pengadaan gerobak sampah, mesin pembuatan kompos, tempat pembuangan sampah sekolah, alat pembuatan bio gas, pengadaan solar sel, pengadaan kolam ikan, pembuatan sangkar burung, pengadaan alat penjernih air. Aksi lingkungan komponen kebijakan merealisasikan misi sekolah berbasis peduli lingkungan meliputi pelestrian lingkungan, pencegahan dan penanggulangan kerusakan lingkungan, pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan serta terbentuknya lingkungan yang asri. Adapun objek PPLH meliputi Sampah, Energi, Keragaman hayati, Air, dan Makanan (SEKAM). Untuk menerapkan objek PPLH menggunakan konsep 5 R, yaitu Reduce ( mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) Recycle (mendaur ulang), Replace (menggunakan kembali), Replant (menanam kembali) Pelaku aksi lingkungan seluruh warga SMAN 1 Slogohimo bekerja sama dengan kemitraan. Siswa tergabung dalam pokja – pokja dan melaksanakan pembelajaran berbasis lingkungan, serta mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berbasis lingkungan. Guru melaksanakan pembelajaran berbasis lingkungan yang dituangkan dalam RPP. Selain itu guru menjalin rekanan dengan pihak luar untuk menjadi nara sumber tentang Adiwiyata.

Berikut di antara manfaat yang diuraikan jika memprogramkan Adiwiyata ;

  • Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
  • Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
  • Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  • Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

SMA N 1 Slogohimo sendiri memilih aloe vera atau lidah buaya sebagai icon adiwiyata, yang mana lidah buaya mudah dibudidayakan dan memiliki banyak manfaat, antara lain :

1. Lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka luar

2. Lidah buaya untuk mengatasi iritasi

3. Lidah buaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh

4. Lidah buaya untuk membasmi plak gigi

5. Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh

6. Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi

7. Lidah buaya untuk mengurangi berat badan

8. Lidah buaya untuk menjaga kesehatan kardiovaskular

9. Lidah buaya sebagai sumber asam amino

10. Lidah buaya sebagai sumber vitamin dan mineral dan masih banyak lagi.